KUMPULAN
RPP IPA SMP
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VII SEMESTER GANJIL:
RPP MATERI BESARAN DAN SATUAN
RPP MATERI SUHU DAN PENGUKURAN
RPP MATERI ASAM, BASA DAN GARAM
RPP MATERI UNSUR, SENYAWA DANCAMPURAN
RPP MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA
PEMISAHAN CAMPURAN
RPP MATERI KALOR
RPP MATERI SIFAT ZAT DAN PERUBAHANNYA
RPP MATERI REAKSI KIMIA
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VII SEMESTER GENAP:
RPP MATERI PENGAMATAN OBJEK DALAM IPA
RPP MATERI GERAK LURUS
RPP MATERI CIRI-CIRI MAKLUK HIDUP
RPP MATERI KLAFIKASI MAKLUK HIDUP
RPP MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN
RPP MATERI EKOSISTEM
RPP MATERI KEPENDUDUKAN
RPP MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VIII SEMESTER GANJIL:
RPP MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKLUK HIDUP
RPP MATERI BERBAGAI SISTEM ORGAN PADA MANUSIA
RPP MATERI BERBAGAI SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN
RPP MATERI PARTIKEL MATERI
RPP MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN
RPP MATERI BERBAGAI ORGAN PADA MANUSIA
RPP MATERI BERBAGAI SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN
KUMPULAN RPP MATA PELAJARAN IPA SMP
KELAS VIII SEMESTER GENAP:
RPP MATERI GAYA
RPP MATERI ENERGI DAN USAHA
RPP MATERI TEKANAN
RPP MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
RPP MATERI OPTIKA
RPP MATERI ENERGI DAN USAHA
RPP MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
( RPP )
Sekolah : SMP N 1 LARANTUKA
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi waktu : 4 X 40’ ( 2X pertemuan )
Standar Kompetensi
5.
Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan
gaya, dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian gaya.
2.
Menyebutkan
macam-macam gaya.
3.
Membedakan
gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
4.
Menyebutkan beberapa
contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
5.
Mengamati
perubahan yang ditimbulkan gaya.
6.
Menuliskan
diagram vektor untuk menggambarkan gaya.
7.
Menjelaskan
pengertian resultan gaya.
8.
Menentukan
resultan gaya-gaya yang searah.
9.
Menentukan
resultan gaya-gaya yang berlawanan arah.
10.
Menentukan
resultan gaya berbentuk sudut.
11.
Menjelaskan
pengertian keseimbangan.
12.
Menjelaskan syarat
terjadinya keseimbangan.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Gaya
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model :
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
- Observasi
- Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Sebutkan macam-macam gaya
- Dapatkah gaya diukur? Jika
dapat, bagaimana cara mengukurnya?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
gaya?
- Alat apakah yang digunakan
untuk mengukur gaya?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam
melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik Menjelaskan pengertian gaya.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai cara mengukur gaya dengan menggunakan neraca pegas.
F
Peserta didik memperhatikan diagram vektor untuk
menggambarkan gaya yang disampaikan oleh guru.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian gaya.
F
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan macam-macam gaya.
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai perbedaan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil sebuah balon yang telah ditiup, sebuah gelang karet, dan sebuah bola.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru membimbing
siswa untuk membuat kesimpulan.
F
Guru memberi tugas rumah.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana menentukan resultan gaya-gaya
yang berlawanan arah?
·
Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan resultan gaya?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan
praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Menjelaskan pengertian resultan gaya
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai syarat terjadinya keseimbangan.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut
yang disampaikan oleh guru.
F Guru
memberikan beberapa soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan
arah, dan berbentuk sudut untuk
dikerjakan oleh peserta didik.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
E. Sumber Belajar
a.
Buku IPA Fisika
b.
Buku referensi yang relevan
c.
Alat dan bahan praktikum
d.
Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih
gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
·
Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai
permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin,
agak kasar, dan kasar
·
Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya
gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
·
Membandingkan
berat dan massa suatu benda
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Tes isian
Tes uraian
|
Bila A memiliki gaya 10 N dan B 20 N yang arahnya sama, Hitung resultan gayanya
?
Lakukan percobaan tentang gaya gesek pada permukaan
licin dan permukaan kasar lalu bandingkan hasil dari kedua percobaan tsb.
Sebutkan contoh gaya gesek yang menguntungkan dan
yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari.
Apakah perbedaan berat dan massa suatu benda?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP N 1 LARANTUKA
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi
waktu : 4 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi
5.
Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.2. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan
bunyi hukum I Newton.
2.
Menyebutkan
penerapan hukum I Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Menyebutkan
bunyi hukum II Newton.
4.
Menyebutkan
penerapan hukum II Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
5.
Menyebutkan
bunyi hukum III Newton.
6.
Menyebutkan
penerapan hukum III Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
7.
Menjelaskan pengertian
gaya gesekan.
8.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan.
9.
Membedakan gaya gesekan
statis dan gaya gesekan kinetis.
10.
Menyebutkan gaya gesekan
yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
11.
Menyebutkan gaya gesekan
yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari.
12.
Menjelaskan pengertian
gaya berat.
13.
Menjelaskan faktor yang
mempengaruhi gaya berat di permukaan bumi.
14.
Membedakan berat dan
massa suatu benda.
15.
Menjelaskan gaya pada
benda yang diam.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Gaya
C. Metode
Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode
: - Diskusi kelompok
-
Observasi
-
Eksperimen
-
Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Apa yang terjadi jika mobil
yang kamu tumpangi itu berhenti secara
tiba-tiba?
- Apakah yang menyebabkan kita
dapat berjalan diatas lantai?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah bunyi hukum I Newton?
- Apakah bunyi hukum III Newton?
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai hukum Newton I dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
F
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan bunyi hukum I Newton.
F
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan bunyi hukum II Newton.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan hukum Newton tentang gerak.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan penerapan hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
penerapan hukum II Newton yang disampaikan oleh guru.
F
Guru memberikan beberapa soal penerapan hukum II
Newton untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan bunyi hukum III Newton.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok diminta
untuk mendiskusikan penerapan hukum III Newton.
F
Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
F
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
-
Dapatkah
kamu berjalan cepat di dalam kolam renang?
-
Apakah
gaya gesekan bermanfaat bagi kehidupan kita atau malah merugikan?
·
Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan gaya gesekan?
- Apakah peranan gaya gesekan
dalam kehidupan sehari-hari?
1.
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam
melakukan praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Menjelaskan pengertian gaya gesekan.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. Sumber Belajar
a.
Buku IPA Fisika.
b.
Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mendemonstrasikan
hukum I Newton secara sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan hukum II Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan hukum III Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Uji petik kerja prosedur
Uji petik kerja prosedur
Tes uraian
|
Lakukan percobaan tentang Hukum I Newton
Lakukan percobaan tentang hukum II Newton.
Berikan contoh penerapan hukum Newton dalam
kehidupan sehari-hari
|
.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :SMP N 1 LARANTUKA
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi
waktu : 4 X 40’
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha,
gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan
perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian energi.
2. Menyebutkan satuan energi.
3.
Menyebutkan
bentuk-bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Menyebutkan
aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam
kehidupan
sehari-hari.
5.
Mengamati perubahan
bentuk energi.
6.
Menyebutkan
hukum kekekalan energi.
7.
Menjelaskan pengertian energi
mekanik.
8.
Membedakan
konsep energi kinetik dan energi potensial.
9.
Menyebutkan bunyi hukum
kekekalan energi mekanik.
10.
Menjelaskan pengertian
usaha.
11. Menjelaskan kaitan antara energi dan
usaha.
12.
Membedakan usaha yang
bernilai positif dan usaha yang bernilai negatif.
13.
Menghitung usaha oleh
beberapa buah gaya.
14.
Menjelaskan
pengertian daya.
15.
Menyebutkan
satuan daya.
16.
Menentukan
besarnya daya yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Energi dan Usaha
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
- Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa setelah melakukan
sejumlah aktivitas tubuh kita terasa lemas?
- Dapatkah manusia menciptakan
energi?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
energi?
- Apakah bunyi hukum kekekalan
energi?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam
melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan energi potensial dan energi kinetik suatu benda.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan energi potensial dan energi kinetik.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian energi.
F
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan satuan energi.
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan perubahan energi.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil lampu listrik, setrika listrika, dua batang kayu kering, sebongkah
batu, dua batang besi, senter dan baterainya, aki mobil, lampu bohlam 12 V, dan
dua utas kabel.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengamati perubahan bentuk energi
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan hukum kekekalan energi.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai hukum kekekalan energi.
F
Perwakilan peserta didik untuk menyebutkan bunyi
hukum kekekalan energi.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan energi mekanik.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan antara energi potensial dan energi kinetik.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan energi
potensial dan energi kinetik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih
ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
F
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a.
Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah syarat energi mekanik
suatu benda bernilai konstan?
- Apakah lifter yang mengangkat
beban tergolong melakukan usaha?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
hukum kekekalan energi mekanik?
- Apakah yang dimaksud dengan
usaha?
b.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan pengertian energi
mekanik.
F
Peserta
didik memperhatikan cara menentukan rumusan daya yang disampaikan oleh guru.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan hukum kekekalan energi mekanik.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai hukum kekekalan energi mekanik.
F
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian usaha.
F
Peserta didik memperhatikan cara menentukan
rumusan usaha yang dilakukan suatu benda yang disampaikan oleh guru.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan usaha yang disampaikan oleh guru.
F
Peserta didik memperhatikanpenjelasan guru mengenai kaitan usaha dan energi.
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. Sumber Belajar
a.
Buku IPA Fisika
b.
Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menunjukkan
bentuk-bentuk energi dan contohnya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Membedakan konsep energi kinetik dan energi
potensial pada suatu benda yang bergerak
·
Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui
contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan
kaitan antara energi dan usaha
·
Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Isian
|
Apakah yang kamu ketahui tentang bentuk-bentuk
energi ?
Dalam rangkaian listrik tertutup dengan sebuah
lampu terjadi perubahan energi ....
Jelaskan perbedaan antara energi kinetik dan energi
potensial.
Jelaskan hukum kekekalan energi dan berikan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Apakah perbedaan antara energi dan usaha ?
Daya merupakan kecepatan dalam melakukan ......
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP N 1 LARANTUKA
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran :
IPA
Alokasi waktu : 6 X 40’ ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi
5.
Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.4.
Melakukan percobaan
tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian pesawat sederhana.
2.
Menyebutkan
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Menjelaskan
mekanisme pesawat sederhana yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menyebutkan macam-macam
tuas.
5.
Menjelaskan prinsip
kerja tuas.
6.
Menjelaskan keuntungan
mekanik tuas.
7. Menjelaskan keuntungan mekanik katrol.
8. Menjelaskan prinsip kerja bidang miring.
9. Menjelaskan keuntungan mekanik bidang
miring.
10. Menyebutkan contoh pemanfaatan bidang
miring dalam kehidupan sehari-hari.
11. Menyelidiki bidang miring pada sekrup.
12. Menjelaskan prinsip kerja roda gigi (gir).
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Energi dan Usaha
C. Metode
Pembelajaran1
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
- Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Benarkah yang disebut pesawat
harus selalu peralatan rumit dan menggunakan
teknologi tinggi?
- Bagaimana menghitung
keuntungan mekanik sistem katrol?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
pesawat sederhana?
- Apakah yang dimaksud dengan
keuntungan mekanik?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan keuntungan mekanik tuas.
F
Peserta didik memperhatikan prinsip kerja katrol
yang disampaikan oleh guru.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan keuntungan mekanik katrol.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan keuntungan mekanik tuas dan katrol.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian pesawat sederhana.
F
Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil sebilah papan yang kuat sepanjang 1 m, sebuah beban bermassa
kira-kira 10 kg, kayu berbentuk prisma segitiga, dan sebuah neraca pegas dengan
skala terbesar 500 N.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengamati prinsip kerja tuas
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai
macam-macam tuas berdasarkan susunan kuasa, penumpu, dan beban.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan prinsip kerja tuas.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan
keuntungan mekanik tuas dan katrol untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
F
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
DAN KETIGA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Benarkah dengan menggunakan
bidang miring, gaya dorong yang dibutuhkan
menjadi lebih kecil daripada berat beban?
- Adakah pesawat sederhana yang
dapat menggandakan gerakan?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Bagaimana prinsip kerja bidang
miring?
- Bagaimana prinsip kerja roda
gigi (gir)?
·
Pra
eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik memperhatikan prinsip kerja bidang
miring yang disampaikan oleh guru.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan keuntungan mekanik bidang miring.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan keuntungan mekanik bidang miring.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil selembar kertas, gunting, dan pensil.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen menyelidiki bidang miring pada sekrup (Kegiatan 2.10
h.50).
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan
keuntungan mekanik bidang miring untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik memperhatikan prinsip kerja roda
gigi (gir) yang disampaikan oleh guru.
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. Sumber Belajar
a.
Buku IPA Fisika
b.
Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menunjukkan
penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang
tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi (gear)
·
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif
sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
Isian
|
Lakukan percobaan dengan menggunakan alat-alat
untuk menemukan konsep pesawat sederhana
Untuk memudahkan melakukan pekerjaan digunakan ....
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP N 1 LARANTUKA
Kelas/Semester : VIII/2
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi
waktu : 8 X 40’ ( 4x pertemuan )
Standar Kompetensi
5.
Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.5. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian tekanan.
2. Menyelidiki kaitan antara luas permukaan
benda dengan tekanan.
3. Menyelidiki kaitan antara massa benda
dengan tekanan.
4. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
tekanan.
5. Menghitung besarnya tekanan yang diberikan
suatu benda.
6. Menjelaskan aplikasi konsep tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
7. Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
8. Mengamati sifat tekanan dalam zat cair.
9. Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat
cair.
10. Menentukan tekanan zat cair.
11. Mengamati posisi permukaan zat cair dalam
bejana berhubungan.
12. Menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat
cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
13. Mengamati tinggi permukaan zat cair dalam
pipa U.
14. Menjelaskan hubungan antara massa jenis dan
tinggi zat cair dalam pipa U.
15. Menyebutkan bunyi hukum Pascal.
16. Menjelaskan prinsip mesin penghasil gaya
hidrolik.
17. Menyebutkan peralatan yang menggunakan
prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
18. Menyebutkan bunyi hukum Archimedes.
19. Menyelidiki dan menentukan besar gaya
angkat.
20. Menjelaskan konsep tenggelam, melayang, dan
terapung.
21. Menjelaskan pengaruh massa jenis pada
peristiwa tenggelam, melayang, dan terapung.
22. Menyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes
dalam kehidupan sehari-hari.
23. Mendemontrasikan adanya tekanan udara.
24. Mengukur tekanan udara.
25. Menyebutkan jenis-jenis barometer.
26. Menjelaskan hubungan antara ketinggian
suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara.
27. Menjelaskan tekanan gas dalam ruang
tertutup.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Tekanan
C. Metode
Pembelajaran1
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa ketika mendaki gunung
telinga kita akan terasa sakit?
- Bagaimana cara memperbesar
tekanan suatu benda?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
tekanan?
- Faktor apakah yang
mempengaruhi besarnya tekanan?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian tekanan.
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi tekanan dan menentukan
rumusannya.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian tekanan.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil sebuah batu bata yang masih utuh dan tiga buah kubus yang ukurannya
persis sama tetapi terbuat dari bahan yang berbeda (besi, alumunium, dan kayu).
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen menyelidiki kaitan antara luas permukaan dan massa benda
dengan tekanan
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
tekanan dari suatu benda yang disampaikan oleh guru.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan
dari suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
F
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa pada kaleng ringsek
yang diisi air dan dilubangi, air akan keluar dari setiap lubang?
-
Bagaimana cara menentukan tekanan dalam zat cair?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah sifat-sifat tekanan
dalam zat cair?
- Faktor apakah yang
mempengaruhi tekanan dalam zat cair?
1. Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat
dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
F
Peserta
didik dapat Mengamati sifat tekanan dalam zat cair.
F
Peserta
didik dapat Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair.
F
Peserta
didik dapat Menentukan tekanan zat cair.
F
Peserta
didik dapat Mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan.
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu
mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan tekanan dalam zat cair.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil alat hartl, wadah yang cukup besar dan dalam serta air secukupnya.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengamati sifat tekanan dalam zat cair
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan
dari eksperimen yang telah dilakukan.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan tekanan dalam zat cair.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan tekanan dalam zat cair yang disampaikan oleh guru.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan
dalam zat cair untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
F
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa pancuran teko tidak
boleh lebih rendah daripada posisi
tutupnya?
-
Apakah yang terjadi jika pipa U diisi dengan dua zat cair yang tidak bercampur?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah manfaat sifat permukaan
zat cair yang selalu mendatar?
- Bagaimana hubungan antara
massa jenis dan tinggi zat cair dalam
pipa U?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Mengamati tinggi permukaan zat cair dalam
pipa U.
F
Peserta didik dapat Menjelaskan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
Peserta didik melakukan eksperimen dengan
menggunakan sebuah bejana berhubungan, air, minyak goreng, dan spiritus
secukupnya.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan massa jenis zat cair yang dimasukkan dalam pipa U yang disampaikan
oleh guru.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan massa
jenis zat cair yang dimasukkan dalam pipa U untuk dikerjakan oleh peserta
didik.
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
PERTEMUAN KEEMPAT
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa ketika berada di dalam
air kita merasakan sakit pada mata?
-
Bagaimana kalau kamu berjalan di dalam air kolam terasa lebih ringan atau justru lebih berat?
- Mengapa sewaktu berenang kamu
dapat mengambang, melayang, atau tenggelam?
-
Mengapa di wilayah dataran tinggi kadar oksigennya menipis?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Sebutkan bunyi hukum Pascal.
- Sebutkan bunyi hukum
Archimedes.
- Bagaimana konsep suatu benda dikatakan
tenggelam, melayang, dan terapung?
- Bagaimana hubungan antara ketinggian suatu
tempat dengan perbedaan tekanan udara?
·
Pra
eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan
alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa
tenggelam, melayang, dan terapung.
F
Menyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes dalam
kehidupan sehari-hari.
F
Mendemontrasikan adanya tekanan udara.
F
Mengukur tekanan udara.
F
Menyebutkan jenis-jenis barometer.
F
Menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. Sumber Belajar
a.
Buku IPA Fisika
b.
Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan
praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan
luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan
·
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan
dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum
Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menunjukkan
beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan
konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·
Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat,
cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah
sehari- hari)
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
Tes isian
Uji petik kerja prosedur
Tes Uraian
Tes isian
|
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep tekanan !
Sebutkan contoh peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan prinsip bejana berhubungan.
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep hukum
Pascal dan Hukum archimides.
Kelompokkan alat-alat yang prinsip kerjanya
berdasarkan hukum Pascal ?
Mengapa tanggul di tepi sungai pada bagian bawah
dibuat agak lebih kuat dari pada
bagian atas ?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar