KUMPULAN SILABUS MATA PELAJARAN IPA
SMP KELAS
VII DAN KELAS VIII:
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 5.
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter Siswa yang Diharapkan
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
|
Pengertian Gaya
Perpaduan Gaya
|
·
Memetakan gaya-gaya yang ada
pada suatu benda.
·
Menghitung resultan gaya
segaris yang searah dan berlawanan arah.
·
Mengkaji syarat terjadinya
keseimbangan
|
·
Membedakan gaya sentuh dan gaya
tak sentuh.
·
Mengetahui pengaruh gaya pada
suatu benda.
·
Mengukur gaya suatu benda.
·
Menggambarkan gaya dengan
diagram vektor
·
Melukiskan penjumlahan gaya dan
selisih gaya
·
Menjelaskan syarat terjadinya
keseimbangan
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Berwawasan Luas
·
Kreatif
·
Berpikir kritis
·
Cinta tanah air
|
|||
5.2 Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan
berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
|
Penerapan Hukum Newton pada kehidupan sehari-hari
|
·
Melakukan percobaan hukum I,
hukum II, dan hukum III Newton dengan menggunakan alat-alat.
·
Mengaplikasikan hukum Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Mengidentifikasi gaya gesek
·
Menerapkan kegunaan gaya gesek
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Studi pustaka untuk mencari
perbedaan berat dan massa menggunakan alat.
|
·
Mendemonstrasikanhukum I Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mendemonstrasikanhukum II
Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mendemonstrasikan hukum III
Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membedakan gaya gesekanudara,
air, dan pada zat padat.
·
Menunjukkan beberapa contoh
adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan.
·
Membandingkan berat dan massa
suatu benda.
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
.
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Mandiri
·
Rasa ingin tahu
·
Komunikatif
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 5.
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter Siswa yang Diharapkan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan
perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Energi dan Perubahannya
|
·
Mendeskripsikan bentuk energi
dan perubahannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Studi referensi untuk membandingkan
pengertian energi kinetik dan energi potensial.
·
Mencari informasi tentang hukum
kekekalan energi.
·
Mengidentifikasi sumber-sumber
energi
·
Studi pustaka untuk
mendeskripsikan konsep usaha
·
Mengkaji hubungan usaha dan
energi
·
Mencari informasi mengenai daya
|
·
Mengidentifikasi pengertian
energi melalui ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mengetahui bentuk-bentuk energi
dan perubahannya serta manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membedakan konsep energi
kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak.
·
Mengenalkan hukum kekekalan
energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membedakan sumber energi yang
dapat diperbarui dan sumber energi yang tidak dapat diperbarui.
·
Menjelaskan pengertian usaha
dan macamnya
·
Menjelaskan kaitan antara
energi dan usaha.
·
Menjelaskan pengertian daya dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Menghargai
prestasi
·
Kreatif
·
Berpikir kritis
·
Kerja keras
|
5.4 Melakukan percobaan tentangpesawat sederhana dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Usaha dan energi
|
·
Mengidentifikasi pesawat
sederhana dan macamnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki keuntungan mekanik katrol tetap dan katrol bergerak
|
·
Menjelaskan pengertian pesawat
sederhana serta menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas(pengungkit), katrol
tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi
(gir).
·
Menghitung keuntungan mekanik
penggunaan katrol tetap dan katrol bergerak
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
.
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Mandiri
·
Rasa ingin tahu
·
Tanggung jawab
·
Kreatif
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 5.
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter Siswa yang Diharapkan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas
sertapenerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tekanan
|
· Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan.
· Melakukan percobaan bejana berhubungan.
· Melakukan percobaan tentang hukum Pascal dan hukum Archimides.
· Mencari informasi melalui lingkunganmengenai alat-alat yang prinsip
kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan hukum Archimides.
· Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan.
|
· Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai
gaya melalui percobaan.
· Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan
sehari-hari.
· Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan
sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
· Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari
sehubungan dengan konsep benda terapung, melayangdan tenggelam.
· Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada
peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Berwawasan Luas
·
Kreatif
·
Berpikir kritis
·
Cinta tanah air
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 6.
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk
teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter Siswa yang Diharapkan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.1Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta
parameter-parameternya.
|
Getaran dan Gelombang
|
·
Mencari informasi melalui
referensi tentang pengertian getaran.
· Menentukan besaran-besaran getaran
· Mengkaji hubungan antara
periode dan frekuensi suatu getaran.
· Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian gelombang.
· Menggali informasi untuk menemukan hubungan antara periode, frekuensi,
cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
|
·
Mengidentifikasi getaran pada kehidupan
sehari-hari.
·
Memahami konsep periode dan
frekuensi suatu getaran.
·
Mengukur periode dan frekuensi
suatu getaran
·
Mendeskripsikan konsep
gelombang dengan parameter-parameternya.
·
Membedakan karakteristik
gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
·
Mendeskripsikan hubungan antara
periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Berpikir kritis
·
Kreatif
·
Komunikatif
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 6.
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk
teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter Siswa yang Diharapkan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.2 Mendeskripsikankonsep
bunyidalamkehidupan sehari-hari.
|
Bunyi
|
· Mencari informasi tentang pengertian bunyi
· Memahami konsep cepat rambat bunyi pada berbagai zat
· Membedakan jenis-jenis bunyi dan pemanfaatannya
·
Memahami konsep
resonansi dan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengaplikasikan pemantulan bunyi
dalam kehidupan sehari-hari.
.
|
· Mendeskripsikan sifat-sifat gelombang bunyi
· Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi cepat
rambat bunyi
· Membedakan infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.
·
Menunjukkan gejala resonansi
dalam kehidupan sehari-hari
·
Memberikan contoh pemanfaatan
dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Kreatif
·
Berpikir kritis
·
Tanggung jawab
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 6.
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk
teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter Siswa yang Diharapkan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.3 Menyelidiki sifat-sifatcahaya dan hubungannya dengan berbagai
bentuk cermin dan lensa.
|
Cahaya
|
·
Memahami konsep perambatan
cahaya dan hukum pemantulan cahaya
·
Menggali informasi untuk
mengenal sifat-sifat bayangan pada cermin
·
Menyelidiki hukum pembiasan
cahaya berdasarkan eksperimen
·
Menggali informasi untuk
mengenal sifat-sifat bayangan pada lensa
.
|
·
menunjukkan sifat-sifat
perambatan cahaya dan arah rambat cahaya
· Menjelaskan hukum pemantulan cahaya
·
Mendeskripsikan proses pembentukan
dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung
· Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan eksperimen
· Menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa
cekung dan lensa cembung
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Berpikir kritis
·
Komunikatif
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
..............................................
..............................................
NIP NIP
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 6.
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk
teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter Siswa yang Diharapkan
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.4 Mendeskripsikan
alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Alat-alat Optik
|
· Menggali informasi untuk memperoleh penjelasan tentang fungsi mata
sebagai alat optik dan tentang cacat mata.
· Studi pustaka untuk membedakan ciri-ciri kamera dan lup sebagai alat
optik
· Mengkaji cara kerja alat-alat optik yang terdapat dalam kehidupan
sehari-hari.
.
|
· Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik.
· Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina.
· Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kacamata
· Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
· Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik.
· Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti
: mikroskop, berbagai jenis teropong, dan proyektor.
|
· Kerja Kelompok
· Ulangan
|
·
Tes Tertulis
·
Laporan Tertulis
·
Penilaian sikap
|
· Soal Pramateri
· Uji Mandiri
· Evaluasi
|
... jam
|
· Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
· Buku BSE
· Lingkungan alat dan bahan eksperimen
|
·
Mandiri
·
Berwawasan luas
·
Kreatif
·
Berpikir kritis
·
Komunikatif
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
..............................................
.............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar