Silabus


KUMPULAN SILABUS MATA PELAJARAN IPA 

SMP KELAS VII DAN KELAS VIII:





SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran                       : Fisika
Satuan Pendidikan                  : SMP
Kelas/ Semester                     : VIII/1
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber  Belajar
Karakter Siswa yang Diharapkan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen


5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.

Pengertian Gaya








 


Perpaduan Gaya

·        Memetakan gaya-gaya yang ada pada suatu benda.







·        Menghitung resultan gaya segaris yang searah dan berlawanan arah.



·        Mengkaji syarat terjadinya keseimbangan



·       Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
·       Mengetahui pengaruh gaya pada suatu benda.
·       Mengukur gaya suatu benda.

·       Menggambarkan gaya dengan diagram vektor
·       Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya
·       Menjelaskan syarat terjadinya keseimbangan


·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi


... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen

·   Berwawasan Luas
·   Kreatif
·   Berpikir kritis
·   Cinta tanah air

5.2 Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.


Penerapan  Hukum Newton pada kehidupan sehari-hari

·        Melakukan percobaan hukum I, hukum II, dan hukum III Newton dengan menggunakan alat-alat.

·        Mengaplikasikan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.













·        Mengidentifikasi gaya gesek


·        Menerapkan kegunaan gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.





·        Studi pustaka untuk mencari perbedaan berat dan massa menggunakan alat.

·       Mendemonstrasikanhukum I Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

·       Mendemonstrasikanhukum II Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.




·       Mendemonstrasikan hukum III Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

·       Membedakan gaya gesekanudara, air, dan pada zat padat.

·       Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan.

·       Membandingkan berat dan massa suatu benda.


·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi







.






... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen

·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Komunikatif





Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                                                                 ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        NIP                                       













SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran                       : Fisika
Satuan Pendidikan                  : SMP
Kelas/ Semester                     : VIII/1
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber  Belajar
Karakter Siswa yang Diharapkan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen


5.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Energi dan Perubahannya














·        Mendeskripsikan bentuk energi dan perubahannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.







·          Studi referensi untuk membandingkan pengertian energi kinetik dan energi potensial.


·          Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi.



·          Mengidentifikasi sumber-sumber energi





·        Studi pustaka untuk mendeskripsikan konsep usaha

·        Mengkaji hubungan usaha dan energi

·        Mencari informasi mengenai daya

·    Mengidentifikasi pengertian energi melalui ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari.
·    Mengetahui bentuk-bentuk energi dan  perubahannya serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

·    Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak.
·    Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
·    Membedakan sumber energi yang dapat diperbarui dan sumber energi yang tidak dapat diperbarui.
·    Menjelaskan pengertian usaha dan macamnya

·    Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha.
·    Menjelaskan pengertian daya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.



·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi

... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen


·   Menghargai prestasi
·   Kreatif
·   Berpikir kritis
·   Kerja keras

5.4 Melakukan percobaan tentangpesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
















Usaha dan energi

·       Mengidentifikasi pesawat sederhana dan macamnya dalam kehidupan sehari-hari












·       Melakukan percobaan untuk menyelidiki keuntungan mekanik katrol tetap dan katrol bergerak

·    Menjelaskan pengertian pesawat sederhana serta menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas(pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi (gir).

·       Menghitung keuntungan mekanik penggunaan katrol tetap dan katrol bergerak


·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi







.






... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen

·   Mandiri
·   Rasa ingin tahu
·   Tanggung jawab
·   Kreatif

Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran


..............................................                                                                                                                                                                                                                                                                                                 ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        NIP                                       






SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran                       : Fisika
Satuan Pendidikan                  : SMP
Kelas/ Semester                     : VIII/1
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber  Belajar
Karakter Siswa yang Diharapkan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen


5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas sertapenerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Tekanan













·  Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan.


·  Melakukan percobaan bejana berhubungan.


·  Melakukan percobaan tentang hukum Pascal dan hukum Archimides.





·  Mencari informasi melalui lingkunganmengenai alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan hukum Archimides.




·  Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan.



·  Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan.
·  Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.
·  Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

·  Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayangdan tenggelam.


·  Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)

·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi


... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen


·   Berwawasan Luas
·   Kreatif
·   Berpikir kritis
·   Cinta tanah air









Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                                                                 ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        NIP                                       



















SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran                       : Fisika
Satuan Pendidikan                  : SMP
Kelas/ Semester                     : VIII/2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber  Belajar
Karakter Siswa yang Diharapkan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen


6.1Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.

Getaran dan Gelombang












·       Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian getaran.


·       Menentukan besaran-besaran getaran


·       Mengkaji hubungan antara  periode dan frekuensi suatu getaran.
·       Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian gelombang.






·       Menggali informasi untuk menemukan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.






·     Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari.

·     Memahami konsep periode dan frekuensi suatu getaran.

·     Mengukur periode dan frekuensi suatu getaran


·     Mendeskripsikan konsep gelombang dengan parameter-parameternya.
·     Membedakan karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

·     Mendeskripsikan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.



·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi


... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen


·   Berpikir kritis
·   Kreatif
·   Komunikatif

Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                                                                 ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        NIP                                     

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran                       : Fisika
Satuan Pendidikan                  : SMP
Kelas/ Semester                     : VIII/2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber  Belajar
Karakter Siswa yang Diharapkan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen


6.2 Mendeskripsikankonsep bunyidalamkehidupan sehari-hari.


Bunyi












·  Mencari informasi tentang pengertian bunyi

·  Memahami konsep cepat rambat bunyi pada berbagai zat


·  Membedakan jenis-jenis bunyi dan pemanfaatannya



·         Memahami konsep resonansi dan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari

·         Mengaplikasikan pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.









.






·  Mendeskripsikan sifat-sifat gelombang bunyi
·  Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi

·  Membedakan infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.

·       Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari


·       Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.






·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi


... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen


·   Kreatif
·   Berpikir kritis
·   Tanggung jawab




Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                                                                 ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        NIP                                       


SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran                       : Fisika
Satuan Pendidikan                  : SMP
Kelas/ Semester                     : VIII/2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber  Belajar
Karakter Siswa yang Diharapkan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen


6.3 Menyelidiki sifat-sifatcahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.

Cahaya











·   Memahami konsep perambatan cahaya dan hukum pemantulan cahaya



·   Menggali informasi untuk mengenal sifat-sifat bayangan pada cermin




·   Menyelidiki hukum pembiasan cahaya berdasarkan eksperimen


·   Menggali informasi untuk mengenal sifat-sifat bayangan pada lensa








.






·     menunjukkan sifat-sifat perambatan cahaya dan arah rambat cahaya
·   Menjelaskan hukum pemantulan cahaya

·       Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung
·   Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan eksperimen
·   Menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung







·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi


... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen


·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Berpikir kritis
·   Komunikatif




Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                                                                 ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        NIP                                       




SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Mata Pelajaran                       : Fisika
Satuan Pendidikan                  : SMP
Kelas/ Semester                     : VIII/2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber  Belajar
Karakter Siswa yang Diharapkan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen


6.4 Mendeskripsikan
alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Alat-alat Optik











·  Menggali informasi untuk memperoleh penjelasan tentang fungsi mata sebagai alat optik dan tentang cacat mata.





·  Studi pustaka untuk membedakan ciri-ciri kamera dan lup sebagai alat optik



·  Mengkaji cara kerja alat-alat optik yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.



.






·  Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik.
·  Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina.
·  Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kacamata

·  Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
·  Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik.


·  Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, dan proyektor.












·    Kerja Kelompok
·    Ulangan








·      Tes Tertulis
·      Laporan Tertulis
·      Penilaian sikap







·  Soal Pramateri
·  Uji  Mandiri
·  Evaluasi


... jam

·  Buku Fisika 2 SMP Terbitan Masmedia Buana Pustaka
·  Buku BSE
·  Lingkungan alat dan bahan eksperimen


·   Mandiri
·   Berwawasan luas
·   Kreatif
·   Berpikir kritis
·   Komunikatif





Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                                                                 .............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar